FAKTA BARU! Jaringan Golden Triangle Kuasai Bisnis Narkotika di Bali, Datanya Valid

Sabtu, 06 Mei 2023 – 08:15 WIB
FAKTA BARU! Jaringan Golden Triangle Kuasai Bisnis Narkotika di Bali, Datanya Valid - JPNN.com Bali
Kepala BNN RI Komjen Petrus Golose membeber keterlibatan jaringan narkotika transnasional dari kawasan Golden Triangle dalam peredaran narkoba di Bali yang melibatkan tersangka MW di Denpasar kemarin. Foto: Ali Mustofa/JPNN.com

bali.jpnn.com, DENPASAR - Penangkapan mantan narapidana kasus narkotika berinisial MW yang baru bebas dari Lapas Kerobokan 2022 silam dalam perkara tindak pidana pencucian uang (TPPU) hasil kejahatan narkoba senilai Rp 15 miliar di Bali membuka fakta baru.

Menurut Kepala BNN Komjen Petrus Golose, narkotika yang beredar di Bali selama ini didominasi jaringan narkoba transnasional Golden Triangle (segitiga emas) dan sebagian kecil dari Golden Crescent (bulan sabit emas).

Golden Triangle (segitiga emas) merupakan sebutan untuk penjualan opium atau jaringan narkotika yang beroperasi di Myanmar, Thailand dan Laos.

Jaringan narkoba transnasional ini dikendalikan oleh sejumlah gembong narkotika bersama kelompok bersenjata yang ada di tiga ujung kawasan tersebut.

Mereka tidak hanya mengendalikan narkotika secara sistematis sampai menembus pasar internasional, tetapi juga melakukan pemberontakan terhadap pemerintah Myanmar.

"Mereka punya tentara atau militer yang melindungi proses ini, ada lebih dari 40.000 orang.

Mereka bahkan mempunyai akademi militer sendiri. Pemberontak, tetapi memiliki militer," kata Kepala BNN Komjen Petrus Golose di Denpasar kemarin.

Golden Crescent atau bulan sabit emas di sisi lain merupakan istilah untuk menyebut wilayah penghasil opium terbesar di dunia yang berasal dari Iran, Afghanistan dan Pakistan.

FAKTA BARU! Kepala BNN RI Komjen Petrus Golose mengungkap jaringan Golden Triangle menguasai bisnis narkotika di Bali, datanya valid
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News