2 Truk Babi Asal Jembrana Bali Ditolak Masuk Jawa, Karantina Ungkap Fakta Ini

Selasa, 19 Juli 2022 – 19:53 WIB
2 Truk Babi Asal Jembrana Bali Ditolak Masuk Jawa, Karantina Ungkap Fakta Ini - JPNN.com Bali
Ternak babi di mobil truk asal Jembrana ditolak masuk ke Jawa setelah diamankan Karantina Pertanian Denpasar bekerja sama dengan Karantina Pertanian Surabaya di Ketapang, Banyuwangi, Selasa (19/7). Foto: Humas Karantina Denpasar Wilker Gilimanuk

bali.jpnn.com, GILIMANUK - Karantina Pertanian Denpasar wilker Gilimanuk bekerja sama dengan Karantina Pertanian Surabaya wilker Ketapang melakukan penangkapan terhadap dua truk yang mengangkut ternak babi, Selasa (19/7).

Dua truk masing-masing mengangkut 36 ekor dan 34 ekor babi itu diamankan lantaran tidak mengantongi  Sertifikat Kesehatan Hewan (KH-11) dari daerah asal.

Babi tersebut diketahui berasal dari Jembrana, Bali yang rencananya akan dilalulintaskan dengan tujuan akhir ke Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

“Truk yang berangkat dari Gilimanuk diamankan di Ketapang, babi-babi itu ditolak masuk,” ujar Penanggung Jawab Karantina Pertanian Denpasar Wilayah Kerja  Gilimanuk, Nyoman Ludra.

Menurut Ludra, sertifikat kesehatan dari daerah asal diperlukan untuk memastikan media pembawa tersebut bebas dari Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) maupun Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK).

Penolakan juga berkaitan dengan penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) di seluruh tanah air, tidak terkecuali di Bali.

Dasarnya adalah Surat Edaran Satgas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku No. 3 Tahun 2022 tentang Pengendalian Lalu Lintas Hewan dan Produk Hewan Rentan Penyakit Mulut dan Kuku Berbasis Kewilayahan.

“Pada poin 12 menyebutkan dilarang melalulintaskan hewan rentan PMK baik masuk atau keluar dari dan ke provinsi Bali,” kata Nyoman Ludra.

Dua truk pengangkut babi asal Jembrana Bali tujuan Karanganyar, Jawa Tengah ditolak masuk Pulau Jawa saat baru tiba di Ketapang, karantina ungkap fakta ini
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News