Kalah Saing Gaet Turis Asing dengan Thailand, Bali Usulkan Karantina Cukup 3 Hari

Selasa, 02 November 2021 – 12:23 WIB
Kalah Saing Gaet Turis Asing dengan Thailand, Bali Usulkan Karantina Cukup 3 Hari - JPNN.com Bali
Rombongan turis asing pertama tiba di Bandara Suvarnabhumi pada hari pertama kampanye pembukaan kembali negara tersebut di Bangkok, Thailand, Senin (1/11/2021). Foto: ANTARA FOTO/REUTERS/Soe Zeya Tun/rwa

bali.jpnn.com, DENPASAR - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali mengusulkan kepada pemerintah pusat agar karantina turis asing yang berkunjung ke Pulau Dewata dikurangi menjadi tiga hari.

Usulan itu didasari kebijakan pemerintah Thailand tentang pemberlakuan zero karantina kepada wisatawan asing yang datang ke Negeri Gajah Putih tersebut.

Dengan kebijakan zero karantina yang diterapkan Thailand, sulit bagi Bali bersaing menggaet turis.

Apalagi, selama menjalani karantina, wisatawan asing harus menanggung sendiri biaya akomodasinya.

"Kompetitor kita di luar bahkan memperlakukan zero karantina, seperti yang dilakukan Thailand. Ini pertimbangan kami (usulkan ke pemerintah pusat) untuk mengurangi masa karantina dikurangi dari lima hari menjadi tiga hari,” ujar Wakil Gubernur Bali Cok Ace.

Pertimbangan lainnya dalam usulan itu ialah sampai sekarang belum ada wisatawan mancanegara yang datang ke Pulau Bali  sejak pintu penerbangan internasional dibuka 14 Oktober lalu.

"Kami berusaha (kurangi masa karantina), kalau bisa dari lima ke tiga hari," kata Guru Besar ISI Denpasar ini.

Namun, pemerintah pusat belum menyetujui usulan Pemprov Bali, dengan alasan masih melakukan pengkajian lebih lanjut.

Bali kalah saing dengan Thailand untuk menggaet turis asing. Karena itu Wagub Cok Ace mengusulkan karantina cukup tiga hari