Percepatan Vaksinasi dan 3A Dorong Turis Berwisata ke Labuan Bajo NTT

Kamis, 21 Oktober 2021 – 12:10 WIB
Percepatan Vaksinasi dan 3A Dorong Turis Berwisata ke Labuan Bajo NTT - JPNN.com Bali
Ilustrasi eksotisme wilayah perairan Labuan Bajo. Foto: Antara/HO

bali.jpnn.com, LABUAN BAJO - Percepatan vaksinasi dan pengembangan 3A (atraksi, aksesibilitas, dan amenitas) diyakini dapat mendorong kunjungan wisatawan ke destinasi wisata super prioritas di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Karena semakin cepat dilakukan vaksinasi di destinasi itu, akan menghadirkan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan yuang akan berlibur ke Labuan Bajo.

“Upaya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat untuk berkolaborasi ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo,” ujar Pengamat Pariwisata Taufan Rahmadi.

Salah satu bentuk kolaborasi itu adalah mendorong penciptaan fesyen dan kriya melalui program aksi selaras sinergi (akselarasi) yang merupakan salah satu komitmen Kemenparekraf dalam melakukan pendampingan dan penciptaan produk kreatif.

Melalui kebijakan sinergi ini masyarakat setempat mampu menciptakan produk kreatif unggulan di subsektor seni musik, seni pertunjukan, seni rupa, dan penerbitan.

Kolaborasi lainnya ialah melakukan akselerasi dalam program percepatan vaksinasi di destinasi wisata, menyusun rencana induk wisata Labuan Bajo dan mempersiapkan 200 desa wisata untuk mendukung destinasi super prioritas di Labuan Bajo,

"Langkah-langkah kolaborasi harus terus diperkuat dengan sinergi segenap pentahelix pariwisata di daerah," kata Taufan Rahmadi.

Jika dibandingkan dengan destinasi wisata super prioritas lainnya, Labuan Bajo memiliki keunggulan khusus.

Pemerhati wisata menilai percepatan vaksinasi dan 3A mendorong turis berdatangan untuk berwisata ke Labuan Bajo NTT