Bandara Bali, Soetta dan Yogyakarta Jadi Paling Sibuk, Kedatangan WNA Naik 7,2 Persen

Senin, 15 Juli 2024 – 16:31 WIB
Bandara Bali, Soetta dan Yogyakarta Jadi Paling Sibuk, Kedatangan WNA Naik 7,2 Persen - JPNN.com Bali
Penumpang pesawat turun dari pesawat seusai mendarat di Bandara Gusti Ngurah Rai, Bali, beberapa hari lalu. Foto: Ali Mustofa/JPNN.com

bali.jpnn.com, DENPASAR - Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi mencatatkan kedatangan warga negara asing (WNA) sebanyak 5.086.765 orang pada periode Januari – Juni 2024.

Jumlah ini meningkat sebanyak 7,28 persen dibandingkan periode yang sama pada 2023, di mana terdapat 4.741.343 orang asing masuk ke Indonesia.

Dari seluruh WNA yang masuk ke Indonesia pada semester satu 2024, sebanyak 68 persen di antaranya atau sejumlah 3.470.954 orang menggunakan visa on arrival (VoA) serta visa kunjungan.

Bandara Internasional Soekarno Hatta, Banten; Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali dan Bandara Internasional Yogyakarta menjadi tiga bandara yang paling sibuk menerima pelintas asing ini.

Tiga pelabuhan internasional dengan volume perlintasan terbesar terletak di Provinsi Kepulauan Riau, yakni Ferry Terminal Batam Center, Pelabuhan Citra Tritunas Batam, dan Pelabuhan Tanjung Balai Karimun.

“Saya kira ini progress yang bagus.

Kami semakin baik dan begitu pula harapan saya untuk periode-periode berikutnya,” ujar Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim, Senin (15/7).

Silmy Karim mengeklaim digitalisasi layanan yang diterapkan pihaknya cukup efektif dengan tingginya pengajuan visa secara online di mana penggunanya terkoneksi dengan autogate di bandara-bandara besar.

Bandara Soetta, Bandara Ngurah Rai dan Bandara Yogyakarta menjadi tiga bandara yang paling sibuk menerima pelintas asing pada periode Januari – Juni 2024.
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News