Kabar Hot! Urban Heat Island Melanda Denpasar, Canggu Ikut Terdampak, Waspada

Selasa, 25 Juni 2024 – 16:26 WIB
Kabar Hot! Urban Heat Island Melanda Denpasar, Canggu Ikut Terdampak, Waspada - JPNN.com Bali
Wisatawan asing memadati pantai di kawasan Canggu, Kuta Utara, Badung. Terjadi peningkatan suhu udara alias urban heat island di Canggu dan Denpasar karena kenaikan emisi karbon. Foto: dok.JPNN

bali.jpnn.com, DENPASAR - Dosen Fakultas Pariwisata Universitas Udayana (Unud) I Nyoman Sunarta membagikan kabar panas untuk industri pariwisata di Bali.

Nyoman Sunarta mengatakan terjadi fenomena peningkatan suhu udara di wilayah perkotaan alias Urban Heat Island (UHI) dibandingkan wilayah pedesaan yang melanda pusat-pusat pariwisata di Pulau Bali.

Fenomena Urban Heat Island paling kentara terjadi di Denpasar.

Ibu kota Provinsi Bali ini memiliki pertumbuhan pembangunan yang lebih cepat ketimbang daerah lain di Pulau Dewata.

Desa Canggu yang berada di Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung juga mengalami fenomena serupa akibat kemacetan lalu lintas terjadi setiap hari.

“Itu terjadi di pusat-pusat pariwisata, karena emisi karbonnya tinggi dan panasnya juga tinggi,” kata Nyoman Sunarta, Selasa (25/6).

Menurut Nyoman Sunarta, emisi karbon dan tingginya kepadatan akibat lahan yang terbangun menyebabkan panas matahari menjadi lama tersimpan dan terperangkap di permukaan bumi.

Dampaknya menyebabkan pusat-pusat pariwisata memiliki suhu yang lebih hangat.

Dosen Unud Nyoman Sunarta mengatakan terjadi fenomena peningkatan suhu udara di wilayah perkotaan alias Urban Heat Island (UHI) semisal Denpasar dan Canggu
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News