Bali Jadi Lokasi Uji Coba Penerbangan Pesawat Amfibi, Potensi Jadi Bandara Air Besar

Jumat, 21 Juni 2024 – 09:14 WIB
Bali Jadi Lokasi Uji Coba Penerbangan Pesawat Amfibi, Potensi Jadi Bandara Air Besar - JPNN.com Bali
Suasana uji coba penerbangan pesawat amfibi di Pantai Mertasari, Denpasar, Bali, Kamis kemarin (20/6). Foto: Baketrans Kemenhub

bali.jpnn.com, DENPASAR - Badan Kebijakan Transportasi (Baketrans) Kementerian Perhubungan melakukan uji coba penerbangan seaplane atau pesawat amfibi di Pantai Mertasari, Sanur, Denpasar, Bali.

“Ini menjadi uji coba kedua yang sebelumnya telah dilakukan pada 2021 lalu di Pulau Gili Iyang, Sumenep, Jawa Timur,” ujar Kepala Baketrans Robby Kurniawan di Denpasar.

Menurut Robby Kurniawan, uji coba penerbangan pesawat amfibi ini dilakukan sebagai upaya mendorong area di sekitar Denpasar untuk menjadi seaplane hub pertama di Indonesia.

Targetnya adalah menjadikan kawasan tersebut terhubung dengan lokasi-lokasi potensial lainnya di Indonesia.

“Uji coba seaplane ini juga menjadi tindak lanjut dari kegiatan quick win Baketrans pada tahun 2024 terkait bandar udara perairan,” kata Robby Kurniawan.

Bandara perairan memiliki potensi dan peluang di Indonesia karena dapat menjadi alternatif transportasi penyeberangan dan menghubungkan antar-ibu kota provinsi atau kota-kota besar dengan kota lainnya.

Bandara perairan juga bisa menjadi media penghubung bagi para pelancong dari hub airports ke destinasi wisata berbasis perairan.

Keberadaan bandara perairan juga bisa menjadi simpul transportasi perintis bagi daerah pulau dan kepulauan khususnya di wilayah 3T.

Bakertrans Kemenhub menjadikan Bali sebagai lokasi uji coba penerbangan pesawat Amfibi, potensi jadi Bandara Perairan besar sekali
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News