Turis Membanjiri Bali, Kinerja Penjualan Ritel Naik, BI Sentil Faktor China

Senin, 15 Mei 2023 – 19:41 WIB
Turis Membanjiri Bali, Kinerja Penjualan Ritel Naik, BI Sentil Faktor China - JPNN.com Bali
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Bali Trisno Nugroho di Denpasar. Foto: ANTARA/HO-BI Bali.

bali.jpnn.com, DENPASAR - Kinerja penjualan ritel di Provinsi Bali pada April 2023 diperkirakan meningkat dibandingkan periode sebelumnya.

Hal ini tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Bali April 2023 yang diperkirakan sebesar 100,9, meningkat 0,7 persen (mtm) dibandingkan periode Maret 2023 yang tercatat sebesar 100,2.

Menurut Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Bali Trisno Nugroho, meningkatnya kinerja penjualan ritel di Provinsi Bali dipengaruhi kenaikan jumlah kunjungan turis Pulau Dewata.

"Hal ini disebabkan libur panjang Idul Fitri 1444 Hijriah serta peningkatan jumlah frekuensi penerbangan dan maskapai dengan penerbangan langsung ke Bali, terutama dari China," kata Trisno Nugroho, Senin (15/5).

Trisno Nugroho mengatakan pada periode April, kelompok barang yang mengalami pertumbuhan adalah kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau sebesar 2,7 persen (mtm) dan subkelompok Sandang sebesar 0,2 persen (mtm).

Namun, terdapat beberapa kelompok barang yang mengalami penurunan.

Di antaranya kelompok barang Peralatan Informasi dan Komunikasi sebesar -5,0 persen (mtm) dan kelompok barang Barang Budaya dan Rekreasi sebesar -1,3 persen (mtm).

Menurut Trisno, kenaikan IPR Bali tersebut sejalan dengan kenaikan IPR Nasional yang juga mengalami pertumbuhan sebesar 12,2 persen (mtm), yakni dari 215,3 di bulan Maret 2023 menjadi 241,6 di bulan April 2023.

Turis asing maupun domestik membanjiri Bali, dampaknya kinerja penjualan ritel naik, Bank Indonesia sentil faktor China
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News