Turis Asing Bikin Ulah di Bali, Pastika: Jangan Debat di Jalan, Bisa Jadi Bulan-bulanan

Minggu, 16 April 2023 – 04:26 WIB
Turis Asing Bikin Ulah di Bali, Pastika: Jangan Debat di Jalan, Bisa Jadi Bulan-bulanan - JPNN.com Bali
Anggota DPD RI Made Mangku Pastika (tengah) di Denpasar. Foto: ANTARA/Ni Luh Rhismawati.

bali.jpnn.com, DENPASAR - Perlu ada standar operasional prosedur (SOP) yang jelas sebagai patokan aparat kepolisian ketika bertugas menghadapi turis asing yang bikin ulah saat berlibur di Bali.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Made Mangku Pastika mengatakan jangan sampai aparat kepolisian berdebat di tengah jalan.

Apalagi, penguasaan peraturan dan bahasa Inggris polisinya tidak tepat.

“Kan bisa jadi bulan-bulanan,” ujar Made Mangku Pastika saat berbicara dalam Dialog NCPI Bali di UID Bali Campus Kura-Kura Bali, Denpasar.

Mantan Kapolda Bali itu mengingatkan petugas di lapangan agar bijak menangani maraknya masalah yang dilakukan wisatawan mancanegara (wisman) yang telah berakibat hingga pendeportasian wisman ke negara asalnya itu.

"Keamanan tidak jatuh dari langit, harus ada upaya untuk membangun sistem keamanan berstandar internasional.

Untuk penegakan hukum juga memerlukan 'duit', sehingga harus dikomunikasikan dengan Kapolda, Gubernur, dan Imigrasi serta didukung politik anggaran," kata Pastika.

Made Mangku Pastika lantas menyentil kinerja dirinya saat menjabat Gubernur Bali (2008-2018).

Turis asing kerap bikin ulah di Bali, mantan Kapolda Bali Made Mangku Pastika: jangan debat di jalan, bisa jadi bulan-bulanan
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News