PHRI: Hotel di Bali Pakai Sistem Kanibal, Data Ini Sulit Dibantah

Minggu, 24 Juli 2022 – 12:14 WIB
PHRI: Hotel di Bali Pakai Sistem Kanibal, Data Ini Sulit Dibantah - JPNN.com Bali
Hotel Westin Nusa Dua di The Nusa Dua. Foto: ANTARA/Roy Rosa Bachtiar

bali.jpnn.com, DENPASAR - Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Bali Perry Markus menyatakan permodalan masih menjadi kendala yang dihadapi pengelola hotel di Pulau Dewata.

Menurut Perry Markus, dari 100 persen jumlah kamar hotel yang tersedia, rata-rata yang benar-benar siap digunakan 70 persen.

Manajemen hotel terpaksa menggunakan sistem kanibal untuk memenuhi prasarana yang ada karena yang penting beroperasi dulu.

“Mereka juga menggunakan sistem pekerja harian untuk menekan biaya operasional,” ujar Perry Markus  saat acara reses anggota DPD RI Made Mangku Pastika di Denpasar.

Meskipun sudah terjadi peningkatan jumlah kunjungan turis asing dan domestik ke Bali, jumlah tersebut masih 50 persennya sebelum pandemi Covid-19.

Contohnya saja dari 1-19 Juli 2022. yakni 11 ribu orang per hari (wisdom) dan sekitar 8.500 orang (wisman), terbilang sangat banyak, tetapi jumlah tersebut hanya setengahnya sebelum pandemi.

Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Bali I Putu Winastra menyampaikan di tengah hiruk pikuk agenda Presidensi G20, sampai saat ini pihaknya belum ada MoU keterlibatan Asita dalam ajang tersebut.

Demikian pula dengan relaksasi kredit juga sudah tidak ada.

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) mengungkap hotel di Bali memakai sistem kanibal, data ini sulit dibantah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News