Satelit Merah Putih 2 Perkuat Transformasi Digital Sektor Maritim Nasional

Selasa, 08 Oktober 2024 – 21:37 WIB
Satelit Merah Putih 2 Perkuat Transformasi Digital Sektor Maritim Nasional - JPNN.com Bali
Direktur PT Bhinneka Nusantara Mandiri Nuraeni E. Sudirman (kiri) dan Direktur Utama Telkomsat Lukman Hakim Abd Rauf (kanan) menekan kerja sama, Jumat (4/10) lalu. Foto: Telkomsat for JPNN

bali.jpnn.com, DENPASAR - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak perusahaannya Telkomsat, menunjukkan komitmennya dalam mendukung percepatan transformasi digital di sektor maritim.

Menggandeng PT Bhinneka Nusantara Mandiri (BNM), TelkomGroup menghadirkan solusi teknologi terintegrasi, memanfaatkan Satelit Merah Putih 2.

Ini adalah langkah maju yang diharapkan dapat memperkuat kedaulatan Indonesia dalam mengelola kawasan maritimnya.

Satelit Merah Putih 2 yang diluncurkan pada Februari 2024 lalu di Cape Canaveral, Amerika Serikat, merupakan satelit HTS (High Throughput Satellite) pertama milik TelkomGroup.

Dengan kapasitas mencapai lebih dari 32 Gbps, satelit ini mencakup seluruh wilayah Indonesia, termasuk area maritim yang selama ini sebagian besar masih bergantung pada layanan satelit asing.

Langkah ini sekaligus menjadi tonggak penting dalam upaya Indonesia untuk mandiri dalam pengelolaan solusi maritim di wilayah kedaulatannya.

Iya, transformasi digital di sektor maritim Indonesia selama ini menghadapi kendala besar, terutama dalam hal keterbatasan kapasitas satelit dan konektivitas yang tidak stabil.

Banyak kapal di Indonesia, mulai dari kapal nelayan hingga kapal komersial, belum dapat menikmati layanan konektivitas yang andal dan realtime.

Dengan kapasitas mencapai lebih dari 32 Gbps, satelit Merah Putih 2 ini mencakup seluruh wilayah Indonesia, termasuk area maritim
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News