BMKG Denpasar: Gempa Gianyar Tergolong Dangkal, Dipicu Aktivitas Sesar Aktif di Darat

Sabtu, 07 September 2024 – 15:17 WIB
BMKG Denpasar: Gempa Gianyar Tergolong Dangkal, Dipicu Aktivitas Sesar Aktif di Darat - JPNN.com Bali
Ilustrasi gempa yang terjadi di Gianyar, Bali pada pukul 09.41 WITA berkekuatan M 4.9. Foto: BMKG Denpasar

bali.jpnn.com, DENPASAR - Gempa mengguncang Provinsi Bali, Sabtu (7/9) pagi pada saat masyarakat setempat tengah beraktivitas.

Dilansir dari akun BMKG Denpasar, gempa tektonik mengguncang wilayah Gianyar, Bali pada pukul 08.51 WIB atau 09.51 WITA.

Berdasar analisis BMKG, gempa pada Sabtu pagi ini memiliki kekuatan dengan magnitudo 4,9 skala richter (SR).

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Cahyo Nugroho mengatakan gempa Gianyar tergolong gempa dangkal yang berpusat di darat.

"Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif di darat," kata Cahyo Nugroho dilansir dari Antara.

Cahyo Nugroho mengatakan dari hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun atau Normal Fault.

Dampak gempa bumi berupa guncangan yang dirasakan di wilayah Gianyar dengan skala Mercalli (Modified Mercalli Intensity/MMI) III – IV.

MMI adalah satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Cahyo Nugroho mengatakan gempa Gianyar tergolong gempa dangkal yang berpusat di darat.
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News