3.000 Ahli Urologi Berkumpul di Bali, Operasi Telerobotik Pasien Kanker Prostat

Kamis, 05 September 2024 – 16:27 WIB
3.000 Ahli Urologi Berkumpul di Bali, Operasi Telerobotik Pasien Kanker Prostat - JPNN.com Bali
Wakil Ketua Kongres UAA 2024 Prof Dr dr Gede Wirya Kusuma Duarsa saat memberikan materi di salah satu sesi kongres Urological Association of Asia di BNDCC, Nusa Dua, Badung, Kamis, Bali, Kamis (5/9). Foto: Source for JPNN.

bali.jpnn.com, NUSA DUA - Kongres Urological Association of Asia (UAA) berlangsung di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Nusa Dua, Badung, Bali.

Ajang UAA berlangsung mulai Kamis (5/9) hingga Minggu (8/9) diikuti 3.000 ahli urologi dari 60 negara, terutama Asia.

Kongres ini akan membahas beberapa materi, seperti uro-onkologi, androurologi, urologi rekonstruksi, endourologi, neurourologi, urologi pediatrik, dan urologi wanita.

Selain itu, salah satu yang menjadi highlight adalah pemaparan kemajuan teknologi bedah robotik yang paling mutakhir, yaitu operasi telerobotik (telerobotic surgery).

Hari ini juga dilaksanakan kembali secara langsung bedah telerobotik dari RSUP Prof Ngoerah ke RS Unud oleh tim ahli urologi robotik yang dipimpin Prof dr Agus Rizal Ardy Hariandy Hamid.

Operasi kali ini cukup sulit karena melibatkan seorang pasien pria berusia 58 tahun dengan kasus kanker prostat.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin sebelumnya mengatakan metode pembedahan jarak jauh menjadi salah satu fokus pengembangan teknologi kesehatan di Indonesia

“Kami sangat bangga telah terlibat dalam melakukan setidaknya dua kali operasi telerobotik yang dijalankan secara mandiri, yaitu antara RS Ngoerah dengan RSCM Jakarta pada 30 Agustus lalu.

Kongres Urological Association of Asia (UAA) berlangsung di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Nusa Dua, diikuti 3.000 ahli urologi dari 60 negara
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News