NeutraDC Summit 2024 di Bali: Telkom Ekspansi Data Center ke Asia Tenggara & Selatan

Selasa, 27 Agustus 2024 – 07:10 WIB
NeutraDC Summit 2024 di Bali: Telkom Ekspansi Data Center ke Asia Tenggara & Selatan - JPNN.com Bali
Direktur Group Business Development Telkom Honesti Basyir memberikan keterangan kepada awak media disela-sela NeutraDC Summit 2024 di Nusa Dua, Badung, Bali, didampingi CEO NeutraDC Andreuw Th.A.F, kemarin. Foto: Ali Mustofa/JPNN.com

bali.jpnn.com, NUSA DUA - PT Telkom Data Ekosistem (NeutraDC) mengumumkan rencana perluasan bisnis data center ke kawasan Asia Tenggara dan Selatan.

Direktur Group Business Development Telkom Honesti Basyir mengatakan, besarnya pasar data center di sejumlah negara menjadi alasan utama ekspansi ke kawasan Asia Tenggara

"Filipina dan Thailand pertumbuhannya luar biasa sampai di atas 300 persen," ujar Honesti Basyir disela-sela NeutraDC Summit 2024 yang berlangsung di Nusa Dua, Badung, Bali, Senin (26/8).

Menurut Basyir, Indonesia adalah pemain terbesar dengan 185 juta pelanggan.

Namun, untuk data center, Indonesia baru memulai delapan tahun terakhir, sementara Singapura telah memulai sejak 20 tahun lalu.

“Untuk hyperscale (data center), kita sudah melakukan konsolidasi,” kata Honesti Basyir.

Pusat data hyperscale adalah pusat data masif yang menyediakan kemampuan skalabilitas ekstrem dan dirancang untuk beban kerja berskala besar dengan infrastruktur jaringan yang dioptimalkan, konektivitas jaringan yang efisien, dan latensi yang diminimalkan.

“Harapannya di 2030 Indonesia sudah punya 1,2 giga watt yang akan terimplementasi.

PT Telkom Data Ekosistem (NeutraDC) mengumumkan rencana perluasan bisnis data center ke kawasan Asia Tenggara dan Selatan.
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News