Update Helikopter Jatuh! Otban Sorot Ketinggian Layangan & Festival di Pantai Mertasari

Kamis, 25 Juli 2024 – 14:29 WIB
Update Helikopter Jatuh! Otban Sorot Ketinggian Layangan & Festival di Pantai Mertasari - JPNN.com Bali
Helikopter milik Bali Heli Tour dengan nomor penerbangan PK-WSP mengalami crash landing dan jatuh pada pukul 14.37 WITA, Jumat (19/7) lalu. Foto; Humas Basarnas Bali

bali.jpnn.com, DENPASAR - Insiden jatuhnya helikopter PK-WSP milik PT Whitesky Aviation di Suluban, Pecatu, Kuta Selatan, Badung, Bali, pada Jumat (19/7) lalu masih jadi bahasan Kantor Otoritas Bandara (Otban) Wilayah IV.

Kepala Kantor Otban Wilayah IV Agustinus Budi Hartono dalam rapat koordinasi dengan Pemprov Bali mengatakan ketinggian layang-layang yang talinya melilit helikopter tetap salah meski kemungkinan pengendalinya berada di luar zona.

“Kalau kami ukur dari daerah KKOP (Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan) ketinggiannya dari berapa sih, jadi kami anggap layang-layang ini lurus tegak pasti kena ya (batasan), ya bisa jadi salah anginnya,” kata Agustinus Budi Hartono.

Agustinus Budi Hartono mengatakan helikopter jatuh di Suluban Pecatu masuk jarak yang diatur KKOP sebagaimana diatur dalam Perda Nomor 9 Tahun 2000.

Perda tersebut mengatur tentang larangan menaikkan layang-layang dan permainan sejenis di Bandar Udara Ngurah Rai dan sekitarnya.

Berdasarkan aturan pada jarak tersebut batas maksimal layangan di udara adalah 100 meter.

Namun, berdasar keterangan yang diterima Agustinus Budi Hartono, helikopter berada di 1.000 kaki atau sekitar 300 meter saat melihat layang-layang.

“Kalau dari KKOP dia memang masuk ke daerah KKOP dan di perda pun kemarin masuk 9-18 km kalau kami hitung garis lurus kemarin,” ujar Agustinus Budi Hartono.

Update Helikopter Jatuh di Pecatu Bali! Kantor Otban Wilayah IV sorot ketinggian layangan pemicu helikopter jatuh & festival layangan di Pantai Mertasari, Sanur
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News