KMS Kecam Aksi Ormas di Bali Gagalkan Forum Air untuk Rakyat, Minta Polisi Bertindak

Selasa, 21 Mei 2024 – 18:19 WIB
KMS Kecam Aksi Ormas di Bali Gagalkan Forum Air untuk Rakyat, Minta Polisi Bertindak - JPNN.com Bali
Koalisi Masyarakat Sipil (KMS) mengeluarkan pernyataan sikap seusai Forum Air untuk Rakyat alias People Water Forum (PWF) yang digagas sejumlah aktivis LSM dan Komunitas di Denpasar digagalkan Aliansi Gabungan Masyarakat Bali (AGMB), Selasa (21/5). Foto: Source for JPNN

bali.jpnn.com, DENPASAR - Forum Air untuk Rakyat alias People Water Forum (PWF) yang digagas sejumlah aktivis LSM dan Komunitas di Denpasar, Bali, kembali gagal menggelar diskusi akademis di Hotel Oranje, Jalan Hayam Wuruk, Denpasar, Selasa (21/5).

Ini adalah kali kedua setelah aksi serupa digagalkan Ormas Patriot Garuda Nusantara (PGN) yang berafiliasi dengan Aliansi Gabungan Masyarakat Bali (AGMB), kemarin (20/5).

Koordinator Koalisi Masyarakat Sipil (KMS) Ignasius Darmawan mengatakan, sama seperti kemarin, AGMB melakukan intimidasi dalam bentuk pengadangan dan penguncian ruang diskusi.

“Mereka juga melakukan intimidasi verbal dan fisik terhadap peserta diskusi, bahkan melakukan pengusiran tamu undangan dan jurnalis,” ujar Ignasius Darmawan, Selasa (21/5).

Parahnya, mantan hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Dewa Gede Palguna yang menjadi pembicara dalam forum tersebut ikut diusir.

Mirisnya pengadangan masih dilakukan yang menyebabkan jurnalis dan tamu undangan tidak bisa masuk ke lokasi acara.

“Masalahnya peristiwa ini dibiarkan saja oleh pihak kepolisian,” katanya.

Oleh karena itu, Koalisi Masyarakat Sipil (KMS) yang terdiri dari YLBHI, Kontras, AJI, Walhi, Safenet, Amnesty International, Greenpeace dan Protection International menyatakan sikap.

Koalisi Masyarakat Sipil (KMS) mengecam aksi ormas di Bali yang menggagalkan Forum Air untuk Rakyat alias People Water Forum, minta polisi bertindak
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News