Turis Australia Terjangkit DBD saat Berlibur ke Bali, Menkes: Seharusnya Bersyukur

Senin, 22 April 2024 – 15:41 WIB
Turis Australia Terjangkit DBD saat Berlibur ke Bali, Menkes: Seharusnya Bersyukur - JPNN.com Bali
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat diwawancara soal turis Australia terkena demam berdarah di Bali, Denpasar, Senin (22/4). Foto: ANTARA/Ni Putu Putri Muliantari

bali.jpnn.com, DENPASAR - Kabar turis Australia terjangkit demam berdarah dengue (DBD) saat berlibur ke Bali sampai ke telinga Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

Seusai membuka Arbovirus Summit di Denpasar, Senin (22/4), turis Australia itu seharusnya bersyukur terjangkit DBD di Bali.

Pasalnya, tim medis Indonesia sudah ahli menangani penyakit tropis yang dibawa nyamuk aedes aegypti itu.

“Saya malah bilang kalau orang Australia kena DBD di Indonesia mungkin dia seharusnya bersyukur, karena rumah sakit di Indonesia lebih ahli menangani demam berdarah,” kata Menkes Budi Gunadi Sadikin.

Menurut Menkes Budi Gunadi Sadikin, kasus demam berdarah ada di Indonesia sepanjang tahun tercatat ratusan ribu kasus, sekitar 400 korban meninggal dunia.

Artinya negara memiliki pengalaman dalam mengatasi pasien DBD.

“Saya cerita tadi dalam forum, ada direktur utamanya perusahaan besar di Indonesia kena demam berdarah dikirim ke Singapura malah meninggal, karena di sana kan tidak ada DBD,” ujar Menkes Budi Gunadi Sadikin.

Menkes mengatakan kejadian itu disebabkan oleh pengalaman dokter yang menangani, sebab membutuhkan banyak perhitungan untuk menangani kasus demam berdarah.

Turis Australia terjangkit demam berdarah dengue (DBD) saat berlibur ke Bali, Menkes Budi Gunadi Sadikin: seharusnya bersyukur
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News