Delegasi WWF Ditawari Melukat di Bali, Viral setelah Dipopulerkan Penyanyi Usher

Minggu, 21 April 2024 – 10:01 WIB
Delegasi WWF Ditawari Melukat di Bali, Viral setelah Dipopulerkan Penyanyi Usher - JPNN.com Bali
Turis asing dan domestik berbaur dengan umat Hindu antre untuk melakukan melukat atau membersihkan diri di kolam mata air Pura Tirta Empul, Tampaksiring, Gianyar, Bali. Delegasi WWF 2024 bisa mengikuti melukat. Foto: ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

bali.jpnn.com, NUSA DUA - Ada tawaran baru bagi 35 ribu peserta World Water Forum (Forum Air Dunia/WWF) ke-10 pada 18-25 Mei 2024 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali.

Panitia penyelenggara menawarkan kearifan lokal Bali yakni melukat atau penyucian diri kepada peserta WWF.

Melukat menjadi tradisi di Bali yang bermakna penyucian dan pembersihan secara fisik yang harapannya membersihkan hal negatif atau bersifat kotor baik secara jasmani dan rohani manusia.

Selain kegiatan religi bagi umat Hindu, saat ini melukat menjadi daya tarik wisata spiritual yang diminati para turis mancanegara.

Adanya kearifan lokal yang memuliakan air itu atau melukat pada ajang WWF di Bali menjadi salah satu keunikan tersendiri yang mengusung kearifan lokal khas Bali yang berbeda dengan ajang serupa di negara lain.

“Ini sudah banyak permintaannya,” kata Menparekraf Sandiaga Uno di sela rapat koordinasi persiapan WWF ke-10 di Nusa Dua, Badung, Bali, kemarin.

Menparekraf Sandiaga Uno menjelaskan permintaan diadakannya ritual melukat makin meningkat setelah viral penyanyi Amerika Serikat, Usher melakukan kegiatan serupa ketika berwisata di Bali pada awal Maret 2024.

“Apalagi kemarin dipopulerkan Usher dan beberapa pesohor internasional lainnya,” ucap Menparekraf Sandiaga Uno.

35 ribu delegasi WWF ke-10 ditawari mengikuti ritual melukat sebelum menggelar acara di Bali, viral setelah dipopulerkan Penyanyi Amerika Usher
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News