Info BMKG: Tinggi Muka Laut Naik 1,2 Cm per Tahun, Beberapa Pulau Terancam Hilang

Jumat, 19 April 2024 – 21:34 WIB
Info BMKG: Tinggi Muka Laut Naik 1,2 Cm per Tahun, Beberapa Pulau Terancam Hilang - JPNN.com Bali
Warga menikmati suasana pantai dengan ombak cukup tinggi di Pantai Purnama, Gianyar, Bali. Ketinggian muka laut di Indonesia setiap tahun naik 1,2 cm karena perubahan iklim. Foto: ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

bali.jpnn.com, DENPASAR - Kabar baru datang dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Berdasar hasil penelitian terbaru BMKG, tinggi muka laut di Indonesia diperkirakan mengalami kenaikan 0,8-1,2 centimeter (cm) per tahun.

Kenaikan tinggi muka laut ini karena dampak perubahan iklim.

“Ini signifikan karena berdampak kepada hilangnya beberapa pulau kecil di wilayah Indonesia atau daerah yang berada di wilayah pesisir,” kata Koordinator Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Klimatologi Pusat Litbang BMKG Donaldi Permana di Denpasar, Bali.

Selain kenaikan tinggi muka laut, dampak perubahan iklim yang nyata adalah meningkatnya suhu udara antara 0,45 hingga 0,75 derajat celsius.

BMKG juga memperkirakan 5,8 juta kilometer persegi wilayah perairan Indonesia berbahaya kepada lalu-lalang kapal nelayan khususnya yang berukuran kurang dari 10 gross tonage (GT).

Sebanyak 18 ribu kilometer garis pantai diperkirakan masuk kategori rentan akibat perubahan iklim itu dan perubahan curah hujan sekitar 75 milimeter per bulan.

Suhu rata-rata global juga meningkat selama 10 tahun terakhir, yakni 2014 - 2023 mencapai 1,20 plus minus 0,12 derajat celcius di atas periode tahun 1850 - 1900.

Info BMKG: Berdasar penelitian terbaru, tinggi muka laut di Indonesia naik 1,2 cm per tahun dan terjadi kenaikan suhu 0,75 derajat, sebagian pulau bisa hilang
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News