BWS Bali-Penida Bangun Sea Wall Cegah Abrasi Pantai Pebuahan Jembrana

Rabu, 14 Februari 2024 – 06:43 WIB
BWS Bali-Penida Bangun Sea Wall Cegah Abrasi Pantai Pebuahan Jembrana - JPNN.com Bali
Bupati Jembrana Nengah Tamba mengecek kondisi Pantai Pebuahan yang mengalami abrasi parah sejak 13 tahun terakhir. Bulan April 2024, BWS Bali-Penida akan membangun Sea Wall untuk mencegah abrasi meluas. Foto: Humas Pemkab Jembrana

bali.jpnn.com, DENPASAR - Objek wisata kuliner Jembrana di Dusun Pebuahan, Desa Banyubiru, Jembrana yang terdampak abrasi selama 13 tahun terakhir akhirnya akan direvitalisasi.

Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali-Penida pada pertengahan April 2024 mendatang akan membangun senderan pencegah abrasi alias tembok laut (sea wall) di kawasan tersebut.

"Pembangunan senderan pencegah abrasi di lokasi ini merupakan tindak lanjut dari proposal yang kami sampaikan tahun 2022 lalu," kata Bupati Jembrana Nengah Tamba.

Bupati Tamba mengatakan pemerintah pusat telah mengalokasikan anggaran Rp 23,5 miliar untuk menanggulangi abrasi sepanjang 750 meter.

Angka tersebut sebenarnya terlalu kecil.

Pasalnya, pihaknya mengusulkan anggaran Rp 50 miliar, tetapi baru disetujui Rp 23,5 miliar.

Sisanya akan dialokasikan pada tahun anggaran 2025.

Menurut Bupati Tamba, penanganan abrasi merupakan wewenang pemerintah pusat, sehingga untuk penanggulangan bencana di Dusun Pebuahan ini, pihaknya harus bisa meyakinkan pemerintah pusat untuk segera mengatasi abrasi di wilayah tersebut.

Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali - Penida membangun Sea Wall untuk mencegah abrasi Pantai Pebuahan Jembrana, bikin semringah warga setempat
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News