Menkes Ungkap Fakta Penting di Bali, Sentil Dana Hibah Mitra Global Rp 11,4 Triliun

Selasa, 19 Desember 2023 – 06:50 WIB
Menkes Ungkap Fakta Penting di Bali, Sentil Dana Hibah Mitra Global Rp 11,4 Triliun - JPNN.com Bali
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin saat menyampaikan pemaparan dalam agenda Indonesia Health Partners Meeting di Bali, Senin kemarin (18/12). Foto: ANTARA/Andi Firdaus.

bali.jpnn.com, DENPASAR - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkap fakta penting saat menjadi pembicara di ajang agenda Indonesia Health Partners Meeting di Bali, Senin kemarin (18/12).

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan sepanjang kurun waktu 2021 – 2025 menerima komitmen dana hibah sektor kesehatan Indonesia dari berbagai mitra global mencapai Rp 11,4 triliun.

“Ini pertama kalinya saya mengulas secara pribadi apa saja angkanya, karena saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda semua yang telah berjasa untuk Indonesia," kata Menkes Budi Gunadi Sadikin kemarin.

Menurut Menkes, komitmen tersebut diperoleh tidak hanya selama masa pandemi Covid-19 yang bergulir sejak tiga tahun terakhir, dan diharapkan berlanjut hingga 2025.

Dana hibah terbesar dilaporkan Budi berasal dari Global Fund.

Lembaga keuangan internasional yang berdedikasi mengumpulkan dan menyalurkan dana untuk program penanggulangan AIDS, Tuberkulosis dan Malaria itu menggelontorkan anggaran mencapai 42,1 persen.

Kedua datang dari Lembaga Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) sebesar 33,2 persen dan UNICEF sebesar 4,3 persen.

Sebesar 3,9 persen dana hibah juga diterima Indonesia dari organisasi internasional untuk peningkatan akses terhadap vaksin bernama GAVI.

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengungkap fakta penting di Bali, sentil dana hibah kesehatan dari mitra global sebesar Rp 11,4 triliun sepanjang 2021-2025.
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News