Lengkuas Kaya Manfaat, Mahasiswa Universitas Jambi Membuktikannya di Bali

Selasa, 28 November 2023 – 04:18 WIB
Lengkuas Kaya Manfaat, Mahasiswa Universitas Jambi Membuktikannya di Bali - JPNN.com Bali
Ilustrasi lengkuas dan produk turunan, Herba Nesa Spray, untuk obat penyakit kudis. Foto: ANTARA/HO-Unja

bali.jpnn.com, DENPASAR - Lengkuas yang biasa jadi bahan dapur untuk keperluan memasak ternyata kaya manfaat, tidak hanya untuk manusia, tetapi juga hewan.

Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Jambi (Unja) berhasil membuktikan manfaat nyata lengkuas saat mengikuti program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) di Bali beberapa waktu lalu.

Dalam program tersebut, mahasiswa Unja berhasil menciptakan obat untuk penyakit kulit atau scabies pada ternak yang berasal dari olahan lengkuas.

Mereka menamakan produknya, Herba Nesa Spray.

“Ini obat herbal berbahan utama lengkuas yang dapat berfungsi untuk menyembuhkan penyakit kulit atau scabies pada ternak," kata Ketua Tim Mahasiswa Fakultas Peternakan Unja Nandyni Zulfa.

Menurut Nandyni Zulfa, obat ini diciptakan untuk menjawab tantangan dari mahalnya harga obat penyembuhan penyakit kudis atau scabies di pasaran.

Produk herbal ini menjadi pilihan bagi peternak kecil untuk mendapatkan obat yang berkualitas, murah, dan ramah lingkungan.
Nandyni Zulfa menambahkan bahwa keunikan dari penemuannya ini adalah penggunaannya yang gampang.

Peternak cukup menyemprotkan obat ini di bagian kulit ternak yang terjangkit scabies.
Produk ini juga memiliki beberapa keunggulan, yaitu menggunakan bahan alami, harga produk terbilang ekonomis dibandingkan dengan produk-produk konvensional serupa yang beredar di pasaran.

Lengkuas kaya manfaat bukan hanya untuk bahan masakan, tetapi juga obat, terbukti mahasiswa Universitas Jambi berhasil membuktikannya di Bali
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News