Penyakit Berdatangan saat Hujan, Spesialis Penyakit Dalam RSUP Prof Ngoerah Bagi Tip

Selasa, 21 November 2023 – 11:55 WIB
Penyakit Berdatangan saat Hujan, Spesialis Penyakit Dalam RSUP Prof Ngoerah Bagi Tip - JPNN.com Bali
Spesialis penyakit dalam RSUP Prof Ngoerah Bali, dr AA Ayu Yuli Gayatri dalam siniar oleh Kementerian Kesehatan yang diikuti secara daring di Jakarta, kemarin. Foto: ANTARA/Lintang Budiyanti Prameswari

bali.jpnn.com, DENPASAR - Musim hujan mulai datang.

Dokter spesialis penyakit dalam RSUP Prof Ngoerah, Denpasar, Bali, AA Ayu Yuli Gayatri pun meminta masyarakat memperbanyak konsumsi vitamin D.

Pasalnya, beberapa penyakit sering muncul saat musim hujan, di antaranya influenza, demam berdarah dengue (DBD), diare, dan leptospirosis.

"Umumnya yang terjadi itu flu, ditularkan melalui percikan ludah atau dahak dari manusia ke manusia lainnya, ketika terhirup lalu akan mengalami influenza.

Gejala umum infeksi berupa demam, nyeri kepala, nyeri otot, nafsu makan menurun, pilek, batuk, atau nyeri tenggorokan," ujar AA Ayu Yuli Gayatri.

Penyakit berikutnya DBD yang penyebabnya juga virus.

Hanya saja penularannya melalui hewan perantara, yakni nyamuk.

Umumnya kasus DBD meningkat saat hujan, karena nyamuk lebih banyak berkembang biak di air yang tergenang, misalnya pada daun-daun, taman yang rimbun, atau wadah-wadah yang menampung air.

Penyakit berdatangan saat musim hujan, dokter spesialis penyakit dalam RSUP Prof Ngoerah AA Ayu Yuli Gayatri bagi tip penting
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News