BMKG: Curah Hujan di Bali Meningkat 197,4 Milimeter, Ini Perkiraan Waktu Puncak

Selasa, 21 November 2023 – 06:21 WIB
BMKG: Curah Hujan di Bali Meningkat 197,4 Milimeter, Ini Perkiraan Waktu Puncak - JPNN.com Bali
Mendung tebal menggelayut di areal persawahan di Desa Wisata Taro, Tegallalang, Gianyar, Bali. Foto: Ali Mustofa/JPNN.com

bali.jpnn.com, DENPASAR - Curah hujan di Provinsi Bali mulai meningkat dalam sepuluh hari terakhir.

Berdasar data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar, curah hujan pada 10 November tercatat sebesar 149,5 milimeter, tetapi pada 20 November 2023 meningkat menjadi 197,5 milimeter per dasarian.

Menurut Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah III Denpasar Nyoman Gede Wiryajaya, peningkatan curah hujan ini lantaran pada pertengahan November 2023 sudah memasuki musim hujan secara bertahap.

“Wilayah yang sudah memasuki musim hujan itu di antaranya sebagian wilayah tengah hingga selatan Bali,” ujar Nyoman Gede Wiryajaya.

BMKG memperkirakan pada 21 – 30 November 2023, hujan turun merata di Bali, di antaranya Kabupaten Tabanan, Karangasem, Gianyar, Bangli, Badung, Klungkung, dan Denpasar.

BMKG Denpasar memperkirakan puncak musim hujan di Bali terjadi pada Januari 2024 dengan curah hujan diperkirakan pada rentang 500-600 milimeter per bulan.

Oleh karena itu, perlu diwaspadai dampak bencana hidrometeorologi di antaranya banjir, pohon tumbang dan tanah longsor.

Anomali terjadi di Kabupaten Karangasem bagian selatan.

BMKG Wilayah III Denpasar: curah hujan di Bali meningkat 197,4 milimeter, ini perkiraan waktu puncak musim penghujan, waspada!
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News