Jokowi Ajak Negara AIS Forum Bersatu Merespons Tantangan Global

Rabu, 11 Oktober 2023 – 09:50 WIB
Jokowi Ajak Negara AIS Forum Bersatu Merespons Tantangan Global - JPNN.com Bali
Tangkapan layar Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan dalam pembukaan KTT AIS Forum di Nusa Dua, Bali, pada Rabu (11/10/2023). Foto: ANTARA/Yashinta Difa

bali.jpnn.com, NUSA DUA - Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengajak negara peserta Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Negara-Negara Pulau dan Kepulauan atau Archipelagic and Island States (AIS) Forum untuk bekerja sama menghadapi tantangan global.

Ajakan tersebut dilontarkan Presiden Jokowi saat membuka KTT AIS Forum 2023 pukul 09.45 WITA di Bali Nusa Dua Conference Center (BNDCC), Badung, Bali.

Menurut Presiden Jokowi, semua negara pulau dan kepulauan, sama-sama menghadapi tantangan seperti kenaikan permukaan air laut, tata kelola sumber daya laut, dan pencemaran laut.

“Jika membuang sampah di daratan, belum tentu sampah tersebut berpindah ke daratan di belahan dunia lain.

Namun, jika kita membuang sampah di lautan maka sampah itu sangat bisa sampai ke daratan mana pun di dunia,” kata Presiden Jokowi saat membuka KTT AIS Forum di Nusa Dua, Bali, Rabu (11/10).

Presiden Jokowi menambahkan kolaborasi dan solidaritas antara negara pulau dan kepulauan sangat penting untuk menghasilkan langkah-langkah strategis, konkret, dan taktis.

Oleh karena itu, Jokowi mendorong tiga hal yang perlu dimajukan.

Pertama, terkait solidaritas, kesetaraan, inklusivitas sebagai prinsip yang harus dipegang Bersama.

Presiden Jokowi mengajak negara AIS Forum yang mengikuti KTT AIS Forum di Nusa Dua, Bali, bersatu merespons tantangan global
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News