Polri Gelar Operasi Tribrata Agung, Kerahkan 4.083 Personel Amankan KTT AIS 2023

Rabu, 04 Oktober 2023 – 15:49 WIB
Polri Gelar Operasi Tribrata Agung, Kerahkan 4.083 Personel Amankan KTT AIS 2023 - JPNN.com Bali
Polri menggelar persiapan Operasi Tribrata Agung dalam rangka mengamankan Konferensi Tingkat Tinggi Forum Negara Pulau dan Kepulauan (Archipelagic and Island States/AIS) 2023 di Nusa Dua, Badung, Bali, Rabu (4/10). Foto: Humas Polri.

bali.jpnn.com, DENPASAR - Polri menggelar Operasi Tribrata Agung untuk pengamanan ajang Konferensi Tingkat Tinggi Archipelagic and Island State (KTT AIS) 2023 yang akan digelar di Nusa Dua, Badung, Bali pada 10-11 Oktober 2023.

Dalam pengamanan ini, Polri menerjunkan sebanyak 4.083 personel dengan perincian 1.863 personel dari Mabes Polri dan 2.220 dari Polda Bali.

Kasatgas Humas Operasi Tribrata Agung Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan Operasi Tribrata Agung 2023 bergulir selama enam hari mulai 8-13 Oktober 2023.

"Operasi ini mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif didukung penegakan hukum, siber, interpol, dan kehumasan," kata Brigjen Ahmad Ramadhan, Rabu (4/10).

Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan Polri melakukan pengamanan mendukung Paspampres dan Kogabwilhan II pada ring III dan IV yang menjadi objek kegiatan dan penginapan hotel para kepala negara peserta KTT AIS 2023.

"Polri melakukan pengamanan di ring I, II, III dan IV (kawasan) pada objek kegiatan dan penginapan para menteri negara-negara yang hadir dan delegasi pada KTT AIS 2023," ujar Brigjen Ahmad Ramadhan.

Menurut Brigjen Ahmad Ramadhan, dalam rangka kontinjensi (kedaruratan) peran dari upaya penyelamatan para kepala negara, akan menjadi tugas Paspampres beserta Kogabwilhan II, dibantu Polri.

"Dalam keadaan kontinjensi (kedaruratan) upaya penyelamatan para menteri delegasi KTT AIS menjadi tanggung jawab Polri dengan menerapkan rencana kontinjensi yang diatur dalam Operasi Aman Nusa I, II dan III," ucap Brigjen Ahmad Ramadhan.

Polri menggelar Operasi Tribrata Agung, mengerahkan 4.083 personel gabungan Mabes Polri dan Polda Bali untuk mengamankan KTT AIS 2023
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News