Bangli Hujan Ringan, Waspada Gelombang Tinggi 4 Meter di Selat Bali & Lombok

Senin, 02 Oktober 2023 – 08:42 WIB
Bangli Hujan Ringan, Waspada Gelombang Tinggi 4 Meter di Selat Bali & Lombok - JPNN.com Bali
Ilustrasi BMKG mengeluarkan peringatan dini terhadap potensi gelombang tinggi di perairan Bali. Foto: ilustrasi/Andreas Fitri Atmoko/Antara

bali.jpnn.com, DENPASAR - Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar memprakirakan cuaca di Pulau Bali, Senin hari ini (2/10) dominan cerah berawan sepanjang hari.

Namun, hujan diperkirakan turun di wilayah Kabupaten Bangli hari ini dengan intensitas ringan.

BMKG justru minta semeton Bali untuk mewaspadai gelombang tinggi di jalur penyeberangan pada periode 2 – 4 Oktober 2023.

Terutama tinggi gelombang empat meter di Selat Bali dan Lombok.

“Masyarakat umum, nelayan dan pelaku wisata bahari waspadai potensi gelombang laut tinggi,” kata Kepala BBMKG Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho di Denpasar, Senin.   

Menurut Cahyo Nugroho, ketinggian gelombang di perairan Bali dipengaruhi pergerakan angin yang bertiup dari benua Australia.

Pergerakan angin diperkirakan memiliki rentang kecepatan 15-25 knot atau 15 km hingga 46 km per jam.

Selat Bali bagian utara diperkirakan memiliki ketinggian gelombang laut hingga 2,5 meter, dengan arah angin dari tenggara-barat daya mencapai hingga 15 knot.

Kabupaten Bangli diperkirakan hujan ringan pada hari ini, BMKG mengimbau untuk mewaspadai gelombang tinggi 4 meter di Selat Bali & Lombok
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News