Ceruk Pasar Data Center Menggiurkan, NeutraDC Merespons

Selasa, 05 September 2023 – 07:59 WIB
Ceruk Pasar Data Center Menggiurkan, NeutraDC Merespons - JPNN.com Bali
Direktur Group Business Development Telkom Honesti Basyir saat memberikan kenang-kenangan kepada peserta NeutraDC Summit 2023 di The Laguna, Nusa Dua, Badung, kemarin. Foto: Ali Mustofa/JPNN

bali.jpnn.com, NUSA DUA - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) akhirnya ikut mengambil porsi dan bermain di industri data center.

Melalui Telkom Data Ekosistem (NeutraDC), Telkom fokus memperkuat dan mengembangkan data center untuk menangkap peluang pasar pemain digital global.

Direktur Wholesale & International Service Telkom, Bogi Witjaksono mengatakan salah satu kunci keberhasilan data center adalah tingkat efisiensi dalam penggunaan energi.

“Ke depannya semakin tinggi kemampuan computing dari penghuni data center yang dalam hal ini adalah pemain digital, maka energi yang dibutuhkan sangat besar.

Jadi, para pemain digital tentu akan membutuhkan energi yang efisien dan hijau (green),” ujar Bogi Witjaksono saat NeutraDC Summit 2023 di The Laguna, Nusa Dua, Badung, Bali, kemarin.

Telkom telah membangun NeutraDC Hyperscale Data Center (HDC) Batam akhir tahun lalu.

HDC Batam memiliki kapasitas besar dengan standar tier tiga dan empat.

Menurut Bogi Witjaksono, HDC Batam ini akan menjadi bagian dari ekosistem data center Telkom yang terhubung dengan data center domestik dan internasional, edge data center dan hypercale data center di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Ceruk pasar Data Center menggiurkan, NeutraDC merespons dengan ikut bermain dan mengambil pasar domestik dan global
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News