Ditjen Imigrasi Fokus Mengawasi WNA Nakal di Bali, Langsung Deportasi!

Rabu, 09 Agustus 2023 – 07:06 WIB
Ditjen Imigrasi Fokus Mengawasi WNA Nakal di Bali, Langsung Deportasi! - JPNN.com Bali
Bule Amerika Serikat bernama Thomas Charles Flach Jr alias TCFJR, 44 (baju putih), pengadang dan perusak mobil dinas Kepala SPN Polda Bali Kombes Subagia dideportasi melalui Bandara Ngurah Rai, Bali, kemarin malam. Foto: Kemenkumham Bali

bali.jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI menyatakan Bali menjadi fokus dalam pengawasan orang asing.

Ditjen Imigrasi fokus melakukan pengawasan warga negara asing (WNA) di Bali karena tingginya angka pelanggaran dibandingkan daerah lain.

"Saat ini untuk bidang pengawasan kita fokus ke Bali karena tingginya angka pelanggaran oleh WNA di sana," kata Koordinator Pengawasan Direktorat Jenderal Keimigrasian Kemenkumham Igak Artawan.

Berdasarkan data sejak Januari 2023 hingga saat ini tercatat 198 WNA yang telah dideportasi ke negara asal karena melakukan pelanggaran di Bali.

Pelanggaran yang dilakukan beragam mulai dari aturan Keimigrasian seperti menyalahi izin tinggal, overstay, serta menyalahi norma-norma dan aturan adat yang berlaku di Bali.

Oleh karena itu, Imigrasi menjadikan Bali sebagai daerah fokus pengawasan orang asing agar pelanggaran-pelanggaran seperti itu bisa diantisipasi dan tidak terjadi lagi.

Igak Artawan mengatakan WNA yang melakukan pelanggaran aturan lain seperti tidak menggunakan helm saat berkendara dan lainnya juga dapat ditindak.

"Misal ketika ada WNA yang berkendara tidak menggunakan helm saat berkendara, lalu pihak Kepolisian merekomendasikan kepada kami, itu bisa dideportasi," paparnya.

Ditjen Imigrasi Kemenkumham fokus melakukan pengawasan terhadap para WNA nakal di Bali, sanksinya langsung deportasi!
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News