Indonesia Potensi Jadi Negara Berpendapatan Tinggi, Luhut Sentil Bali, Simak!

Rabu, 28 Juni 2023 – 09:33 WIB
Indonesia Potensi Jadi Negara Berpendapatan Tinggi, Luhut Sentil Bali, Simak! - JPNN.com Bali
Menko Marves Luhut Pandjaitan. Foto: Ricardo/JPNN.com

bali.jpnn.com, JAKARTA - Indonesia berpotensi menjadi negara berpendapatan tinggi dalam beberapa tahun mendatang.

Salah satu penopang Indonesia bisa menjadi negara berpendapatan tinggi adalah sektor kelautan.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan, pada 2045 proporsi sektor kelautan terhadap ekonomi nasional Indonesia mampu meningkat dua kali lipat.

Angka tersebut berpotensi terus bertumbuh.

“Saya pikir dalam 10 tahun ke depan kita akan bisa high income country,” ujar Menko Marves Luhut B. Pandjaitan saat membuka Archipelagic and Island States (AIS) Forum di Jakarta.

Luhut Pandjaitan mengatakan salah satu hasil laut yang bisa dikembangkan adalah budidaya rumput laut yang berada di Buleleng, Bali.  

“Menurut saya penting dan kalau ini berjalan terus, saya pikir dalam tiga dekade ke depan kita bisa menjadi masuk negara maju,” imbuh Luhut Pandjaitan.

Menurut Luhut Pandjaitan, pengembangan rumput laut di Buleleng, Bali, cukup penting karena bisa dijadikan biofuel, pupuk, makanan, membersihkan laut, dan menangkap emisi karbon.

Indonesia berpotensi menjadi negara dengan pendapatan tinggi dan ekonomi maju, Menko Marves Luhut Pandjaitan sentil Bali, Simak!
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News