BMKG: Tinggi Gelombang Selat Bali dan Lombok 3.5 Meter, Waspada!

Rabu, 14 Juni 2023 – 15:55 WIB
BMKG: Tinggi Gelombang Selat Bali dan Lombok 3.5 Meter, Waspada! - JPNN.com Bali
Arus lalu lintas kapal penumpang di Selat Bali yang menghubungkan Pelabuhan Gilimanuk - Ketapang. Foto: Ali Mustofa/JPNN.com

bali.jpnn.com, DENPASAR - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar mengeluarkan peringatan dini potensi ketinggian gelombang laut di Selat Bali pada 14-16 Juni 2023.

BMKG memperkirakan ketinggian gelombang berkisar sampai 3,5 meter.

“Angin umumnya bertiup dari arah timur-tenggara dengan kecepatan hingga 40 kilometer per jam atau sekitar 21,5 knot,” ujar Kepala BMKG Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho di Denpasar, Bali, Rabu.

Selat Bali merupakan kawasan strategis penyeberangan Bali-Jawa yang menghubungkan Pelabuhan Gilimanuk Kabupaten Jembrana dengan Pelabuhan Ketapang Kabupaten Banyuwangi.

Selain di Selat Bali, Selat Lombok juga diperkirakan memiliki ketinggian gelombang laut hingga 3,5 meter.

“Minta masyarakat, pelaku wisata bahari, nelayan, dan operator kapal untuk mengantisipasi potensi ketinggian gelombang laut itu,” kata Cahyo Nugroho.

BMKG menyebutkan potensi gelombang laut tinggi, salah satunya disebabkan gerakan angin yang konstan bertiup dari daratan Australia menuju Asia.

Apalagi memasuki musim kemarau di Bali yang puncaknya diperkirakan Juli-Agustus 2023, pergerakan angin umumnya dari timur atau Australia.

BMKG Wilayah III Denpasar minta nelaya, pelaku wisata bahari dan masyarakat mewspadai tinggi gelombang Selat Bali dan Lombok yang mencapai 3.5 meter
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News