BMKG: Waspada Jalur Penyeberangan di Selat Lombok dan Badung Bali

Kamis, 18 Mei 2023 – 07:55 WIB
BMKG: Waspada Jalur Penyeberangan di Selat Lombok dan Badung Bali - JPNN.com Bali
Wisatawan antre menaiki kapal cepat untuk menyeberang menuju Nusa Penida di Pelabuhan Sanur, Denpasar, Bali. BMKG mengimbau pengguna jalur penyeberangan Sanur - Nusa Penida mewaspadai gelombang tinggi di Selat Badung. Foto: ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo/rwa.

bali.jpnn.com, DENPASAR - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar memperkirakan cuaca di atas Pulau Bali, Kamis hari ini (18/5) dominan berawan dan cerah berawan.

Meski demikian, BMKG mengimbau masyarakat pesisir untuk mewaspadai tinggi gelombang laut untuk beberapa hari ke depan.

BMKG memperkirakan tinggi gelombang laut di jalur penyeberangan Padangbai (Karangasem) – Lembar (NTB) dan Sanur (Denpasar) - Nusa Penida (Klungkung) mencapai 2,5 meter. 

Jalur penyeberangan ini berada di Selat Lombok dan Badung.

Kecepatan angin di dua jalur penyeberangan itu diperkirakan mencapai 15 knot atau sekitar 27 kilometer per jam yang bertiup dari arah tenggara-selatan.

BMKG memperkirakan Selat Badung, Selat Bali bagian selatan dan Selat Lombok bagian selatan memiliki potensi tinggi gelombang laut mencapai hingga 2,5 meter yang masuk kategori sedang.

Yang menarik, ketinggian gelombang laut di jalur penyeberangan Kusamba - Nusa Penida (Klungkung) dan Padangbai (Karangasem) - Nusa Penida (Klungkung) diperkirakan rendah.

Tinggi gelombang laut hanya 1,25 meter dengan kecepatan angin diperkirakan 15 knot yang bertiup dari tenggara-selatan.

BMKG minta pengguna dan masyarakat pesisir untuk mewaspadai jalur penyeberangan di Selat Lombok dan Badung Bali
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News