BMKG: Waspada Angin Kencang dan Gelombang Tinggi di Penyeberangan Bali

Minggu, 14 Mei 2023 – 07:55 WIB
BMKG: Waspada Angin Kencang dan Gelombang Tinggi di Penyeberangan Bali - JPNN.com Bali
Kapal ferry melintas di Selat Bali yang menghubungkan Pelabuhan Gilimanuk, Bali, dan Pelabuhan Ketapang, Jawa Timur. BMKG memperkirakan gelombang tinggi di penyeberangan Bali. Foto: Ali Mustofa/JPNN.com

bali.jpnn.com, DENPASAR - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar minta masyarakat Bali untuk mewaspadai angin kencang dan gelombang tinggi di perairan Bali, Minggu (14/5).

Angin bertiup dari arah timur ke barat daya dengan kecepatan 4 – 25 knot.

Suhu udara cukup hangat berkisar 26 – 33 derajat celsius dengan kelembapan 65 – 95 persen.

Menurut BMKG, potensi peningkatan kecepatan angin dan tinggi gelombang laut dua meter atau lebih itu diperkirakan terjadi di Laut Bali, Selat Bali, Selat Badung, Selat Lombok dan Samudra Hindia selatan Bali.

Kondisi cuaca tersebut disebabkan suhu muka laut berkisar 26-33 derajat celcius yang hangat dapat meningkatkan potensi penguapan atau penambahan massa uap air.

Ketinggian gelombang laut sampai 2,5 meter berpotensi di jalur penyeberangan Padangbai-Lembar, Sanur-Nusa Penida, Kusamba-Nusa Penida, dan Padangbai-Nusa Penida.

Jalur penyeberangan itu berada di Selat Badung dan Selat Lombok dengan perkiraan kecepatan angin mencapai hingga 15 knot yang bergerak dari timur - tenggara.

Jalur penyeberangan Gilimanuk-Ketapang diperkirakan tinggi gelombang lautnya mencapai hingga 1,25 meter dengan kecepatan angin hingga 15 knot yang bertiup dari tenggara-barat daya.

Prakiraan Cuaca Bali Minggu (14/5), BMKG minta semeton mewaspadai angin kencang dan gelombang tinggi di penyeberangan Bali
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News