Kabar Gembira, Warga Bali Bisa Menyaksikan Gerhana Matahari Sebagian Jumat Nanti

Selasa, 18 April 2023 – 15:11 WIB
Kabar Gembira, Warga Bali Bisa Menyaksikan Gerhana Matahari Sebagian Jumat Nanti  - JPNN.com Bali
Tangkapan layar Ilustrasi gerhana matahari hibrid yang bisa diamati di Bali, pada Jumat (20/4) mendatang. Foto: Instagram/@bmkgbali

bali.jpnn.com, DENPASAR - Masyarakat Bali yang ingin menyaksikan gerhana matahari sebagian, pada Jumat (20/4) nanti tidak perlu khawatir.

Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar menyatakan masyarakat Bali bisa menyaksikan fenomena alam ini.

Namun, berdasarkan data BMKG, masyarakat Bali hanya bisa mengamati gerhana matahari sebagian, sedangkan gerhana matahari cincin tidak dapat diamati di seluruh wilayah Indonesia.

Masyarakat di wilayah Bali dapat mengamati gerhana matahari sebagian, sedangkan gerhana matahari total dapat diamati di Pulau Biak dan Pulau Kisar di Provinsi Maluku.

Masyarakat setempat dapat menikmati gerhana matahari total dengan durasi puncak masing-masing satu menit dua detik dan satu menit lima detik.

BMKG mencatat hanya sebagian kecil wilayah utara Provinsi Aceh yang tidak dapat mengamati gerhana matahari.

“Fenomena langka ini terjadi pada pukul 10.28 WITA dan puncak gerhana pada pukul 11.55 WITA,” kata Kepala BMKG Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho di Denpasar, Selasa (18/4).

BMKG menyebutkan gerhana yang terjadi pada Jumat nanti ada dua, yakni gerhana matahari total dan cincin, secara berurutan dalam satu fenomena sehingga disebut langka.

Kabar gembira, masyarakat Bali bisa menyaksikan fenomena langka gerhana matahari sebagian pada Jumat (20/4) nanti
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News