Balon Mata-mata Hambat Upaya Xi – Biden di KTT G20 Bali, China Merespons Tegas

Kamis, 16 Februari 2023 – 17:35 WIB
Balon Mata-mata Hambat Upaya Xi – Biden di KTT G20 Bali, China Merespons Tegas - JPNN.com Bali
Bendera nasional China dan Amerika Serikat di Constitution Avenue di Washington DC, Amerika Serikat. Foto: Xinhua/Bao Dandan

bali.jpnn.com, BEIJING - Pemulihan hubungan bilateral antara pemerintah China dan Amerika Serikat terhambat insiden ‘balon mata-mata’.

Dampaknya pertemuan Presiden China Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden di sela-sela KTT G20 di Bali tahun lalu terasa hambar dan sekadar seremonial.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA) Wang Wenbin mengatakan apa yang dilakukan Amerika Serikat (AS) berdampak besar pada upaya dan kemajuan yang dibuat selama ini.

"Apa yang dilakukan AS berdampak besar pada upaya dan kemajuan yang dibuat oleh China dan AS dalam menstabilkan hubungan bilateral sejak pertemuan para pemimpin di Bali," kata Wang Wenbin di Beijing.

Wang Wenbin mengatakan China menentang sanksi yang dijatuhkan AS terhadap sejumlah perusahaan Tiongkok terkait pesawat sipil nirawak yang disebut-sebut sebagai balon mata-mata itu.

"China akan mengambil tindakan balasan terhadap entitas AS sesuai dengan undang-undang karena telah merusak kedaulatan dan keamanan China," ujar Wang Wenbin.

Wang Wenbin menyatakan bahwa masuknya pesawat sipil China tak berawak ke wilayah udara AS itu murni merupakan peristiwa yang tidak disengaja.

Apa yang terjadi tidak diduga, dan disebabkan oleh force majeure.

Insiden balon mata-mata menghambat upaya pemulihan hubungan bilateral antara Presiden Xi Jinping – Joe Biden di KTT G20 Bali, China merespons tegas
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News