Omicron BF.7 Terdeteksi Masuk Bali, Jakarta & Jabar, Picu Lonjakan Kasus di China

Jumat, 30 Desember 2022 – 17:03 WIB
Omicron BF.7 Terdeteksi Masuk Bali, Jakarta & Jabar, Picu Lonjakan Kasus di China - JPNN.com Bali
Ilustrasi Waspada Covid-19 varian baru Omicron. Foto: Ricardo/JPNN.com

bali.jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mendeteksi Covid-19 sub varian Omicron BF.7 telah masuk ke Indonesia.

Sampai Jumat hari ini (30/12), Kemenkes RI mendeteksi total 15 pasien yang seluruhnya berasal dari importasi kasus serta transmisi lokal.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes RI Siti Nadia Tarmizi mengatakan sub varian Omicron BF.7 memicu lonjakan kasus di China.

Sub varian Omicron BF.7 terdeteksi di Bali sebanyak tujuh kasus, DKI Jakarta tujuh kasus dan Jawa Barat satu kasus.

"Sembilan kasus di antaranya transmisi lokal. Sisanya berasal dari pelaku perjalanan luar negeri (importasi)," kata Siti Nadia Tarmizi.

Kemenkes terus memonitor fluktuasi kasus BF.7 melalui kegiatan surveilans genomik di masyarakat yang mengalami kontak erat dengan para pasien.

"Perkembangannya sementara ini melalui pengawasan di sejumlah pintu masuk yang telah diperketat, surveilans genomik untuk monitor kasus," ujarnya.

Oleh karena itu, Kemenkes RI mengimbau masyarakat yang tengah beraktivitas libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 mengikuti aturan yang diterbitkan Satgas Covid-19 untuk mencegah penularan SARS-CoV-2.

Kementerian Kesehatan RI mendeteksi Covid-19 sub varian Omicron BF.7 masuk Bali, Jakarta dan Jabar, picu lonjakan kasus di China
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News