Info BMKG Terkini: Karangasem Bali Diguncang Gempa Beruntun, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Selasa, 13 Desember 2022 – 20:44 WIB
Info BMKG Terkini: Karangasem Bali Diguncang Gempa Beruntun, Ini Penjelasan Ilmiahnya - JPNN.com Bali
Ilustrasi gempa Karangasem pada pukul 17.56 WITA sebesar 4.8 SR yang diikuti gempa susulan beberapa menit kemudian. Foto: Instagram @bmkgbali.

bali.jpnn.com, DENPASAR - Selasa hari ini (13/12) Karangasem Bali diguncang gempa beruntun, dua kali pada pagi hari dan berkali-kali saat sore dan malam hari.

Gempa paling besar terjadi pada pukul 18.38 WITA dengan kekuatan 5.2 skala richter (SR).

episenter gempa terletak pada koordinat 8,29 Lintang Selatan, 115,62 Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 1 km arah timur Kubu, Karangasem, Bali pada kedalaman 30 km

Apa yang sebenarnya terjadi?

Menurut Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono, gempa Karangasem Bali akibat adanya aktivitas sesar naik Flores (Flores back arc thrust).

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas sesar naik Flores," paparnya.

Gempa ini berdampak dan dirasakan di daerah Karangasem dengan skala intensitas III-IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah).

Gempa juga dirasakan di daerah Mataram, Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Barat, dengan skala intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Info BMKG Terkini: Karangasem Bali diguncang gempa beruntun pada Selasa hari ini, ini penjelasan ilmiah Daryono
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News