Update Gempa Karangasem: 5 Rumah dan RS Balimed Rusak, BMKG Catat 21 Lindu Susulan

Selasa, 13 Desember 2022 – 20:28 WIB
Update Gempa Karangasem: 5 Rumah dan RS Balimed Rusak, BMKG Catat 21 Lindu Susulan - JPNN.com Bali
Ilustrasi gempa beruntun yang mengguncang Karangasem Bali, Selasa (13/12). Foto: Sultan Amanda/JPNN.com

bali.jpnn.com, DENPASAR - Gempabumi yang mengguncang Karangasem Bali sejak Selasa (13/12) pagi, sore dan malam ini mendatangkan petaka bagi semeton setempat.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan lima rumah dan satu rumah sakit rusak akibat gempa berkekuatan 5,2 skala richter (SR) yang pusatnya di timur laut Karangasem, Bali, ini.

Empat rumah warga Dusun Baturinggit Kelot, Desa Baturinggit, Kecamatan Kubu dan satu rumah di Dusun Pagubugan, Desa Manggis, Kecamatan Manggis, Karangasem, rusak.

Kerusakan juga terjadi pada RS Balimed, Karangasem.

“Untuk korban jiwa nihil sampai saat ini,” ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, Selasa (13/12).

Daryono mengatakan episenter gempa terletak pada koordinat 8,29 Lintang Selatan, 115,62 Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 1 km arah timur Kubu, Karangasem, Bali pukul 18.38 WITA pada kedalaman 30 km.

Hasil monitoring BMKG menunjukkan sampai pukul 19.30 WITA ada 21 aktivitas gempa susulan (aftershock) dengan magnitudo terbesar 4,6 SR.

Gempa di wilayah timur laut Karangasem, Bali itu dirasakan di daerah Karangasem dengan skala intensitas III-IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah).

Update Gempa Karangasem: BMKG melaporkan ada lima rumah dan satu rumah sakit, yakni RS Balimed rusak gegera lindu, BMKG mencatat 21 gempa susulan
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News