Jokowi Pamer Kinerja Ekonomi Indonesia, Sentil Pujian IMF di Forum B20 Bali

Senin, 14 November 2022 – 19:26 WIB
Jokowi Pamer Kinerja Ekonomi Indonesia, Sentil Pujian IMF di Forum B20 Bali - JPNN.com Bali
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidatonya dalam penutupan B20 Summit Indonesia 2022 di BNDCC, Nusa Dua, Badung, Bali, Senin (14/11). Foto: ANTARA/Media Center G20 Indonesia/Aditya Pradana Putra/wsj.

bali.jpnn.com, NUSA DUA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memamerkan kinerja ekonomi Indonesia yang terus tumbuh di tengah krisis yang dihadapi dunia saat ini.

Presiden Jokowi menyentil pemaparan Managing Director IMF Kristalina Georgieva yang menyampaikan Indonesia jadi titik terang di tengah kesuraman ekonomi dunia.

Jokowi di hadapan para pelaku bisnis Negara-negara G20 menjelaskan masa Presidensi Indonesia tahun ini dijalankan dalam situasi yang sulit dengan adanya pandemi, krisis pangan dan energi, bahkan krisis keuangan.

“Kita patut bersyukur ekonomi Indonesia di kuartal II masih tumbuh 5,54 persen dan di kuartal III tumbuh lebih kuat 5,72 persen,” kata Presiden Jokowi saat penutupan Forum B20 Summit, di Nusa Dua, Bali, Senin (14/11).

Indonesia juga mampu mengelola inflasi yang sempat naik 5,9 persen pada September 2022 karena dipicu kenaikan harga BBM, kemudian turun menjadi 5,7 persen pada Oktober 2022.

Presiden Jokowi memaparkan tiga strategi yang akan dilakukan untuk memastikan pertumbuhan ekonomi ke depan, yaitu hilirisasi industri, pengembangan ekonomi hijau, dan digitalisasi.

Hilirisasi industri dimaksudkan untuk memberi nilai tambah bagi komoditas mentah Indonesia yang akan diekspor ke luar negeri.

Pengembangan ekonomi hijau bertujuan untuk mengembangkan potensi besar yang dimiliki Indonesia di bidang energi baru terbarukan (EBT).

Presiden Jokowi memamerkan kinerja ekonomi Indonesia saat krisis menghantui dunia, sentil pujian Managing Director IMF di Forum B20 Bali
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News