Xi Jinping dan Jokowi Bertemu Empat Mata di Bali, Ini yang Akan Dibahas, Penting

Sabtu, 12 November 2022 – 08:41 WIB
Xi Jinping dan Jokowi Bertemu Empat Mata di Bali, Ini yang Akan Dibahas, Penting - JPNN.com Bali
Presiden Joko Widodo (kiri) memberikan salam kepada Presiden China Xi Jinping saat tiba untuk melaksanakan pertemuan bilateral di Villa 14, Diaoyutai State Guesthouse, Beijing, China, Selasa (26/7/2022). Foto: ANTARA/Biro Pers Setpres/Laily Rachev/foc.

bali.jpnn.com, BEIJING - Presiden China Xi Jinping diagendakan melakukan pembicaraan formal dengan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) di sela-sela KTT G20 di Bali.

Juru bicara bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA) Zhao Lijian di Beijing mengatakan pertemuan ini yang kedua bagi kedua presiden setelah kunjungan Presiden Jokowi ke China Juli tahun lalu.

Menurut Zhao Lijian, China dan Indonesia sebagai sesama negara berkembang memiliki kepentingan yang besar dan luas untuk dikerjasamakan.

"Di bawah bimbingan strategis kedua presiden, China dan Indonesia semakin memperkuat pola baru dalam hubungan bilateral yang digerakkan oleh kerja sama politik, ekonomi, budaya, dan maritim," ujar Zhao Lijian, kemarin.

Zhao Lijian mengatakan kerja sama China dengan Indonesia telah menjadi contoh yang baik bagi negara-negara berkembang lainnya.

China, kata Zhao Lijian, berharap dapat terus bekerja sama dengan Indonesia dan meningkatkan rasa saling percaya.

“Terutama mewujudkan proyek pembangunan berkualitas dalam kerangka Belt and Road (Prakarsa Sabuk Jalan)," kata Zhao Lijian.

Zhao juga menekankan bahwa China mendukung Presidensi G20 Indonesia, yang mengusung tema 'Pulih Bersama, Pulih Lebih Kuat'.

Presiden China Xi Jinping dan Jokowi dijadwalkan bertemu empat mata di Bali di sela-sela KTT G20, ini yang akan dibahas, penting
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News