Kemendagri Dorong Daerah Siapkan Anggaran Transisi EBT, Penting

Jumat, 11 November 2022 – 07:28 WIB
Kemendagri Dorong Daerah Siapkan Anggaran Transisi EBT, Penting - JPNN.com Bali
Dirjen Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kemendagri Agus Fatoni mendorong Pemda menyiapkan anggaran untuk transisi EBT saat Rakernas ADPMET di Badung, Bali, Rabu (9/11). Foto: Puspen Kemendagri for JPNN.com

bali.jpnn.com, BADUNG - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mendorong pemerintah daerah (Pemda) menyiapkan transisi energi baru terbarukan (EBT) terutama di bidang anggaran.

Salah satu kendala pengembangan EBT di daerah saat ini lantaran masih rendahnya alokasi anggaran untuk urusan di bidang Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Menurut Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kemendagri Agus Fatoni, rendahnya alokasi anggaran untuk EBT lantaran program ini belum jadi prioritas.

Agus Fatoni saat mewakili Mendagri Tito Karnavian dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan (ADPMET) di Badung, Bali, Rabu (9/11) mengatakan daerah masih menganggap transisi EBT merupakan urusan pilihan.

Hal ini berbeda dengan perhatian Pemda terhadap urusan pemerintahan wajib.

"Kita perlu mencermati kembali UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang menyebutkan urusan pilihan adalah urusan yang wajib diselenggarakan oleh daerah berdasarkan potensi yang dimiliki daerah," ujar Agus Fatoni.

Untuk mendukung transisi energi, Pemda perlu mempertimbangkan penggunaan Dana Bagi Hasil (DBH) sektor migas.

Dana tersebut bisa dimanfaatkan sebagai anggaran pendukung EBT di samping untuk mendukung kinerja urusan pemerintahan wajib yang terkait pelayanan dasar.

Kementerian Dalem Negeri mendorong pemerintah daerah menyiapkan anggaran transisi EBT selain urusan wajib pemerintahan, penting
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News