PLN dan PT SMI Sepakat Percepat Transisi Batu Bara ke EBT

Kamis, 20 Oktober 2022 – 10:37 WIB
PLN dan PT SMI Sepakat Percepat Transisi Batu Bara ke EBT - JPNN.com Bali
Ilustrasi PLTU Celukan Bawang berbasis batu bara. Foto: ANTARA/Ngurah Adi

bali.jpnn.com, NUSA DUA - PLN dan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) meneken nota kesepahaman kerja sama (MoU) menyusun rencana pembiayaan dan investasi untuk mempercepat masa pensiun dini (early retirement) pembangkit listrik batu bara.

Langkah ini sekaligus untuk mempercepat transisi menuju energi bersih.

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo mengatakan kerja sama itu merupakan wujud dukungan dua perusahaan terhadap program pemerintah mewujudkan Indonesia tanpa emisi (net zero emission) pada 2060.

“PLN akan mendukung inisiatif tersebut melalui penyediaan informasi proyek terkait Energy Transition Mechanism (ETM) dan pemenuhan persyaratan untuk memperoleh fasilitas pembiayaan dan investasi dari PT SMI,” kata Darmawan di Nusa Dua, Badung, Bali.

Mekanisme Transisi Energi (ETM) merupakan skema beralih dari batu bara menuju energi baru dan terbarukan (EBT).

Peralihan itu merupakan strategi PLN untuk membantu pemerintah mengurangi emisi gas rumah kaca, yang pada 2030 ditargetkan berkurang sampai 31,89 persen.

Target itu merupakan bagian dari upaya mewujudkan Indonesia tanpa emisi gas rumah kaca pada 2060.

MoU antara PLN dan PT SMI ditandatangani oleh Direktur Keuangan PLN Sinthya Roesly dan Direktur Utama PT SMI Edwin Syahruzad.

PLN dan PT SMI sepakat menyusun rencana investasi untuk mempercepat proses transisi batu bara ke energi baru terbarukan (EBT)
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News