Ukraina Kecam Putin, Minta Undangan ke Bali Dicabut, Rusia Dikeluarkan dari G20

Rabu, 02 November 2022 – 08:45 WIB
Ukraina Kecam Putin, Minta Undangan ke Bali Dicabut, Rusia Dikeluarkan dari G20 - JPNN.com Bali
Presiden Rusia Vladimir Putin ambil bagian dalam konferensi via video delsms KTT Para Pemimpin G20. Foto: ANTARA/REUTERS/SPUTNIK

bali.jpnn.com, DENPASAR - Ukraina kukuh minta Rusia dikeluarkan dari kelompok 20 ekonomi terbesar dunia atau G20.

Ukraina juga minta undangan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menghadiri KTT G20 di Bali harus dibatalkan.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Ukraina Oleg Nikolenko di Twitter mengatakan Presiden Putin secara terbuka mengaku memerintahkan serangan rudal terhadap warga sipil dan infrastruktur energi Ukraina.

"Dengan tangan berlumuran darah, dia tidak boleh duduk satu meja dengan para pemimpin dunia. Undangan Putin ke KTT Bali harus dicabut, dan Rusia dikeluarkan dari G20," ujar Oleg Nikolenko dilansir Antara dari Anadolu.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengatakan konfirmasi kehadiran para pemimpin negara G20 sangat tinggi.

KTT G20 dijadwalkan digelar di Bali pada 15 - 16 November 2022.

Namun, Menlu Retno Marsudi enggan menyebutkan berapa jumlah spesifik dari pemimpin G20 yang memberikan konfirmasi kehadiran dalam KTT tersebut.

Beberapa negara disebutnya belum memberikan konfirmasi karena situasi khusus, seperti Brazil yang masih sibuk dengan kegiatan pemilu presiden tahap kedua.

Ukraina kembali mengecam Presiden Vladimir Putin, minta undangan ke Bali dicabut, lalu Rusia dikeluarkan dari negara-negara G20
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News