Totalitas TNI Amankan KTT G20 di Bali: Kerahkan KRI & Pesawat Tempur, Lantas

Kamis, 20 Oktober 2022 – 20:11 WIB
Totalitas TNI Amankan KTT G20 di Bali: Kerahkan KRI & Pesawat Tempur, Lantas  - JPNN.com Bali
Dua skadron udara di bawah jajaran Komando Operasi Udara (Koopsau) II menggelar latihan pengisian bahan bakar di udara (air refueling) menggunakan empat pesawat Sukhoi 30 dari Skadron Udara 11 dan satu pesawat Lockheed Martin KC-130 Skadron Udara 32 di Lanud Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan. Mabes TNI menyiapkan 12 KRI dan pesawat tempur untuk mengamankan KTT G20 di Bali. Foto: Puspen TNI

bali.jpnn.com, JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengatakan TNI akan menerjunkan 12 kapal perang (KRI) dan empat pesawat tempur untuk mengamankan KTT G20 di Bali pada 15-16 November 022.

12 KRI bagian dari Satgas Laut bakal ditempatkan di lingkaran Pulau Bali untuk pengamanan dan pendampingan terhadap kapal militer negara-negara partisipan.

Untuk Satgas Udara, TNI AU menyiapkan empat pesawat tempur, yakni dua unit F-16 dan dua unit pesawat Sukhoi, SU-27 dan SU-30.

TNI AU juga menyiapkan enam heli angkatan udara, kemudian lima heli angkatan laut, dua heli angkatan darat dan dua pesawat Hercules.

 "Jadi, total kira-kira 13 heli," kata Jenderal TNI Andika Perkasa.

Satu pesawat Hercules digunakan khusus medis karena di "setting" sedemikian rupa, sehingga memiliki fasilitas untuk mengevakuasi pasien yang kondisinya, misalnya, darurat.

Satu Hercules khusus angkut apabila diperlukan.

 "Kami juga menyiapkan satu pesawat Boeing VIP apabila diperlukan sebagai tambahan.

Totalitas TNI mengaman KTT G20 di Bali bukan kaleng-kaleng: mengerahkan KRI & pesawat tempur, menyiapkan pangkalan udara
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News