Laksamana TNI Yudo Margono: Diplomasi ASEAN Penting Menjaga Kawasan Indo-Pasifik

Senin, 22 Agustus 2022 – 16:27 WIB
Laksamana TNI Yudo Margono: Diplomasi ASEAN Penting Menjaga Kawasan Indo-Pasifik - JPNN.com Bali
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono memberikan keterangan kepada awak media di sela-sela ASEAN Navy Chief's Meeting (ANCM) ke-16 2022 di Nusa Dua, Bali. Foto: Sentot Prayogi/JPNN.com

bali.jpnn.com, NUSA DUA - Seluruh pimpinan Angkatan Laut (AL) negara-negara anggota ASEAN menggelar pertemuan penting di Bali, Senin (22/8).

Pertemuan berlabel ASEAN Navy Chief's Meeting (ANCM) ke-16 2022 itu berlangsung di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali.

KSAL Laksamana TNI Yudo Margono menyebut sidang ANCM 2022 ini dalam rangka merespons dinamika geopolitik di kawasan Indo-Pasifik.

"Momentum ini juga untuk merespons dinamika geopolitik, geostrategi, dan geoekonomi di Indo-Pasifik khususnya di tingkat regional ASEAN," ujar KSAL Laksamana TNI Yudo Margono.

Menurut KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, keberadaan ASEAN diharapkan masing-masing negara dapat meningkatkan situasi keamanan yang stabil.

"Keputusan yang diambil bersumber dari penentuan sikap bersama secara utuh dan mengikat yang dikenal dengan sentralitas ASEAN," beber Laksamana TNI Yudo Margono.

Kata dia, kedudukan ASEAN dipandang sangat penting secara geostrategis karena merupakan bagian dari Indo-Pasifik yang memiliki banyak nilai strategis bagi kepentingan internasional.

"Secara geopolitik, ASEAN berperan sebagai organisasi regional yang dapat menentukan stabilitas kawasan secara mandiri," katanya.

KSAL Laksamana TNI Yudo Margono menegaskan diplomasi ASEAN sangat penting untuk menjaga stabilitas kawasan Indo-Pasifik
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News