Update, Kemlu: KBRI Ankara Bawa PMI Asal Bangli di Turki ke Shelter

Rabu, 17 Agustus 2022 – 19:55 WIB
Update, Kemlu: KBRI Ankara Bawa PMI Asal Bangli di Turki ke Shelter - JPNN.com Bali
Gusti Ayu Sri Wistari, ibu dari I Gusti Ayu Vira Wijayantari Abw, PMI asal Bangli yang sakit parah di Turki saat memberi keterangan soal kepulangan putrinya di Denpasar. Foto: ANTARA/Ni Putu Putri Muliantari

bali.jpnn.com, DENPASAR - Kasus pekerja migran Indonesia (PMI) asal Bangli bernama I Gusti Ayu Vira Wijayantari yang diduga menjadi korban eksploitasi di Turki mendapat perhatian Kementerian Luar Negeri (Kemlu).

Kemlu melaporkan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Ankara, Turki, berupaya membawa Ayu Vira ke tempat penampungan sementara (shelter).

Direktur perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemlu RI Judha Nugraha mengatakan pemindahan ini bertujuan untuk memastikan perlindungan terhadap Ayu Vira.

Ayu Vira dalam surat terbukanya mengaku sempat jadi korban eksploitasi kerja dan saat ini mengalami sakit keras.

“Kasus ini sudah ditangani KBRI Ankara, (saat ini Vira) sedang diupayakan dibawa ke shelter,” kata Judha Nugraha.

Judha Nugraha juga menyampaikan Kementerian Luar Negeri RI telah menghubungi Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Bali untuk memeriksa perekrut dan menindak pihak tersebut apabila ditemukan pelanggaran.

Gusti Ayu Vira, PMI asal Bangli, Bali, yang bekerja sebagai terapis spa di Turki, menulis surat terbuka ditujukan kepada Presiden RI Joko Widodo dengan tembusan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

Dalam surat yang ditulis pada 14 Agustus 2022 itu, ia meminta kepada Presiden Jokowi agar dipulangkan ke Indonesia.

Update, Kementerian Luar Negeri melaporkan KBRI Ankara telah membawa pekerja migran Indonesia (PMI) asal Bangli di Turki I Gusti Ayu Vira Wijayantari ke shelter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News