Sri Mulyani Bahas Isu Strategis di Bali Bareng Menkeu G20

Sabtu, 16 Juli 2022 – 19:35 WIB
Sri Mulyani Bahas Isu Strategis di Bali Bareng Menkeu G20 - JPNN.com Bali
Menteri Keuangan (Menkeu) RI Sri Mulyani Indrawati melakukan pertemuan bilateral dengan Menkeu India Nirmala Sitharaman di Nusa Dua, Badung, Bali. Foto: ANTARA/HO-Kementerian Keuangan

bali.jpnn.com, NUSA DUA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati melakukan sejumlah pertemuan bilateral dengan Menkeu anggota G20.

Pertemuan dengan Menkeu Inggris, Australia, India, hingga Bank Pembangunan Asia (ADB) digelar secara fisik maupun virtual sehari sebelum Pertemuan Ketiga Finance Minister and Central Bank Governor (FMCBG) dimulai di Nusa Dua, Badung, Bali.

Ada sejumlah isu yang dibahas dari pertemuan bilateral tersebut seperti krisis pangan akibat kondisi geopolitik dan ketersediaan vaksinasi Covid-19.

Isu lain yang dibahas, yakni penerapan Energy Transition Mechanism (ETM) demi mendukung keuangan berkelanjutan, penguatan ekonomi Kawasan Asia, penguatan sumber daya manusia, serta Presidensi G20 Indonesia.

"G20 tetap akan menjadi forum ekonomi premier seperti halnya pada 2008 dalam merespons krisis ekonomi, baik sekarang maupun di masa mendatang,” kata Sri Mulyani di Nusa Dua.

Menkeu Inggris Nadhim Zahawi mengangkat isu krisis pangan dan efek rambatan perang saat bertemu Sri Mulyani.

Nadhim Zahawi menilai perlu ada solusi nyata untuk semua lapisan masyarakat dan pelaku bisnis yang saat ini terancam dampak inflasi tinggi, kenaikan harga pangan, serta energi.

Nadhim Zahawi juga menggarisbawahi pentingnya menjaga perdagangan bebas dan menghindari pelarangan ekspor yang dapat memperburuk dampak konflik geopolitik.

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani membahas sejumlah isu strategis di Bali bareng Menkeu G20
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News