Omicron BA.4 dan BA.5 Ditemukan di Bali, Pakar Kesehatan Beri Saran Penting

Sabtu, 11 Juni 2022 – 12:52 WIB
Omicron BA.4 dan BA.5 Ditemukan di Bali, Pakar Kesehatan Beri Saran Penting - JPNN.com Bali
Ilustrasi pria mengenakan masker agar terhindar dari virus corona omicron. Foto: Ricardo/JPNN.com

bali.jpnn.com, JAKARTA - Pakar kesehatan Prof Tjandra Yoga Aditama mengatakan peningkatan tren kasus Covid-19 di Indonesia dalam beberapa pekan terakhir perlu disikapi serius.

Direktur Pasca-Sarjana Universitas YARSI ini menyarankan perlu ada penyelidikan epidemiologi untuk mengetahui pangkal masalahnya.

Apalagi setelah Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menemukan subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 di Provinsi Bali akhir Mei 2022.

“Covid-19 masih pandemi.

Jadi, setiap kebijakan harus diputuskan dengan amat hati-hati dengan melihat kenyataan yang ada,” ujar Prof Tjandra Yoga Aditama.

Prof Tjandra Yoga Aditama menyatakan bahwa kenaikan kasus saat ini masih berada di bawah indikator WHO, sehingga situasi masih belum membahayakan.

Namun, dalam ilmu kesehatan masyarakat yang perlu dilihat bukan hanya angka mutlak sesaat, tetapi juga mempertimbangkan tren laju kasus.

 "Sudah jelas sekarang kita berhadapan dengan tren yang meningkat. Sudah sampai dua kali lipat," kata Prof Tjandra Yoga Aditama.

Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 ditemukan di Bali akhir Mei 2022 lalu, Pakar Kesehatan dari Universitas Yarsi beri saran penting
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News