Pesisir Bali Diterjang Banjir Rob Hingga 7 Juni, Mohon Waspada

Senin, 30 Mei 2022 – 17:50 WIB
Pesisir Bali Diterjang Banjir Rob Hingga 7 Juni, Mohon Waspada  - JPNN.com Bali
Ilustrasi gelombang tinggi memicu banjir pesisir alias rob di kawasan pesisir Bali. ANTARA/HO-Syahdan Ana'Same.

bali.jpnn.com, DENPASAR - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan fase bulan baru pada hari Senin tanggal 30 Mei 2022 berpotensi memicu terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut.

Dampak yang paling dirasakan masyarakat adalah terjadinya banjir pesisir alias rob di sejumlah wilayah di Indonesia, tidak terkecuali di Bali.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo mengatakan berdasarkan pantauan data water level atau level air dan prediksi pasang surut, banjir rob berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir pada tanggal 30 Mei - 7 Juni 2022.

Selain menerjang pesisir Bali, banjir rob berpotensi terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Lampung, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Maluku.

"Potensi banjir pesisir (rob) diprediksi berlangsung dengan waktu yang berbeda di tiap wilayah.

Kondisi ini secara umum dapat mengganggu aktivitas keseharian masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir.

Aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat bisa terganggu," ujar Eko Prasetyo.

BMKG mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan siaga mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut ini.

BMKG memprakirakan pesisir Bali bakal diterjang banjir rob hingga 7 Juni sama seperti wilayah lain di Indonesia, masyarakat pesisir mohon waspada
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News