AP 1 Pasang 288 Solar Panel, Bandara Ngurah Rai Makin Ramah Lingkungan

Sabtu, 21 Mei 2022 – 11:34 WIB
AP 1 Pasang 288 Solar Panel, Bandara Ngurah Rai Makin Ramah Lingkungan - JPNN.com Bali
Instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. (AP I)

bali.jpnn.com, DENPASAR - PT Angkasa Pura I (Persero) bersama anak usahanya, Angkasa Pura Property berkomitmen mengembangkan energi baru terbarukan (EBT) di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Komitmen tersebut diwujudkan dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Keberadaan PLTS ini merupakan salah satu wujud dan misi Angkasa Pura I memberikan kontribusi positif pada kelestarian lingkungan dan pemanfaatan EBT untuk menekan emisi karbon menjelang KTT G20 di Bali.

Untuk tahap awal PLTS dipasang 288 unit solar panel system (photovoltaics) dengan kapasitas maksimal 155 kilo watt peak (kWp).

PLTS ini untuk menyuplai kebutuhan listrik area Gedung Parkir Internasional, Gedung Parkir Domestik dan Toll Gate Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

PLTS ini dibangun dan akan dikelola oleh Angkasa Pura Property yang telah memiliki Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (IUJPTL).

“Angkasa Pura I berkomitmen mewujudkan operasional bandara yang ramah lingkungan melalui penerapan konsep Eco Airport, pemanfaatan EBT dan penggunaan energi bersih secara berkelanjutan,” ujar Direktur Utama AP I Faik Fahmi.

Menurutnya, pembangunan PLTS ini sekaligus menjadi langkah awal dalam mendukung upaya pemerintah mewujudkan net zero emission (NZE) tahun 2060.

Angkasa Pura (AP) 1 memasang 288 solar panel, Bandara Ngurah Rai Bali kini makin ramah lingkungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News